Kamis, 19 Maret 2009

Tutorial Signature

Simple Siggy

OK, skarang kita blajar buat siggy yang simple dulu utk awal2.
Langkah pertama bikin 1 project baru ukurannya terserah.
Kalo saya dengan ukuran 450 x 180

Nah setelah itu kita buka gmbar yang akan di edit. Klik file -> open n pilih gambar yang kamu suka. Klo saya pilih gambar ini berhubung saya suka anime

Nah.. Mulai deh kita seleksi, kira2 bagian mana yah yang mau di ambil utk dijadiin gambar siggy? Hmm.. Klo saya sih ambil sudut pandang bgini..

Klo dah kaya gini, tekan ctrl + j, fungsinya utk duplikat bagian yang udah di seleksi. Nah klo udah liat di bagian layer. Nnti bkal muncul layer baru. Sperti ini..

Skarang drag layer 1 tadi ke project yg kita buat tadi. Caranya tinggal drag n drop aja kok.. hasilnya kaya gini nih..


Bagian layer jadi ada 2 layer. Yang saru masih kosong, yang satu lagi adalah gmbar yang kita sleksi tadi. Oh iya, terkadang gambar yg kita seleksi bisa lebih besar daripada kanvasnya, nah supaya bisa sama, tkn ctrl + T utk free transform, n jgn lupa teken shift juga selagi me resize, supaya gambarnya ttep seimbang, ga? penyok2. Hehe..

Nah abis ini mulai ke bagian yang asik. Kita akan bermain efek2 yang bgus2 deh pkknya.. Hmm.. kita mulai dari retouch dulu kali yah.. Tapi berhubung kualitas gmbar yang jadi contoh udah bagus, kyanya udah ga? perlu di retouch, tapi akan saya bahas sdikit ilmu2 ttg retouch.
Pertama2 kita buat New adjustment layer. Seperti ini..

Kita bisa memilih, mau Hue n saturation, curves, level, dll yg masing2 bisa mempengaruhi warna, kontras, dll. Pkknya dicoba2 aj deh, pasti lgsung ngerti kok, gmpang pkenya. Kali ini saya cuma bahas sdkit ttg penggunaan curves,level, dll karena asumsi saya itu bisa dicoba2 sndiri. Saya hanya menggunakan 1 adjustment layer tipe curves.

Nah kita mulai dengan efek2 yang menarik, Mungkin utk awal2 kita pke efek2 garis dulu aja deh.. Kaya siggy yg saya buat sebelumnya..

Pertama2, buat layer baru, isi dengan warna putih. Setelah itu, pilih filter –>noise –> Add noise. Seperti ini..

Nah, klo udah pilih ok, trus kita gabungin sama efek lain. Utk buat garis2, kita perlu blur, nah skrang kita pilih motion blur. Caranya filter –> blur –> radial blur seperti ini..

Nah klo udah, kita mulai dengan ubah mode layer yang garis2 ini ke mode overlay seperti ini.. (ini optional, kamu bisa ubah mode ke screen ato multiply sesuai keinginan, saya memilih mengubah tipe mnjdi overlay karena kbetulan hasilnya lebih bagus jika dengan tipe ini) jangan lupa juga utk mengubah opacitynya supaya gmbar itu jlas.

Seperti yang saya janjikan diatas, skarang kita buat layer baru lagi, yaitu adjustment layer yg tipe curves, supaya hasilnya lbih keren n efeknya terlihat bagus. Kamu juga bisa mengulang langkah2 ini (dari pembuatan garis sampai pengeditan2 warna) dan membuat animasinya.

Ubah curvesnya mnjadi sperti dibawah ini..

Udah mulai kliatan kan hasilnya?? Dari sini kita harus mulai lebih kreatif lagi, kita harus bisa ngebayangin apa2 aja yang mau diubah, n efek2 apa aja yg bisa digabungin supaya hasilnya bagus.

Paling2 sih kita Cuma tinggal mainin efek2nya n tambahin tulisan2nya. Hasil akhir bukan ditentuin dari jagonya kita bermain photoshop, tapi ditentuin dari seberapa bnyak kita bereksperimen mnggabungkan efek2 n kekreatifan kita juga.

Jika hanya mengikuti langkah2 diatas, hasil akhirnya adalah seperti ini..

Tapi dengan sdkit di gabung2kan efek2 n ditambahin teks, bisa seperti ini..

Klo ditambahin animasi yang sederhana jadinya akan seperti ini..

Mohon maaf, soalnya klo di lanjutin tutornya bisa sampe pnjang banget. Slain itu juga supaya bisa dapet ide2 yang bagus harus coba2 sndiri.

Kalo saya cuma kasih efek brush, tmbh rectangle, sama efek lensflare.
Tulisan Cuma dikasih efek radial blur dgn gbungan bbrapa layer.

Tutorial saya ini skali lagi sangat simple, dengan kreatifitas saya yakin hasil yang anda buat akan lebih bagus daripada saya.

0 komentar:

Posting Komentar