Jumat, 20 Maret 2009

Apa itu algoritma??

Hai sobat, sekarang saya mau memberikan tutorial tentang Algoritma dan Pemrograman. Sebelumnya kita harus tau dulu apa itu algoritma, karena banyak persepsi yang salah yang akhirnya malah menganggap algoritma itu susah. Padahal Algoritma itu ga' susah kok, malah gampang, karena kita cuma butuh logika urutan pengerjaan. Mungkin pertama-tama susah untuk berlogika, itu biasa. Karena semakin banyak latian juga bakal bisa kok..

Simplenya bgini, algoritma itu urutan pengerjaan. Contohnya kalo kita mau masak mie instant. Tentunya kita harus ada bahan2nya dulu, udah gitu kita juga harus ada alat2nya. Setelah kita punya alat dan bahan, nah kita bisa deh buat mie instant. Caranya ya kita panasin airnya dulu, setelah mendidih baru dimasukin mie nya, tunggu beberapa saat, di cek udah matang atau blm, klo belum ya tunggu lagi. Begitu terus berulang2 sampai matang. Jadi de mie instant.

Yang diatas itu mksud saya bukan ngajarin cara bikin mie instant lho.. Tapi saya ngajarin urutan pengerjaan membuat mie instant. Alias itulah algoritma membuat mie instant. Algoritma gampang kan?? Sebenernya setiap saat kita menggunakan algoritma, hanya saja kita tidak menyadarinya klo itu algoritma. Kesimpulannya, kita semua bisa algoritma.

Klo kita udah bisa algoritma, wah... yang kita perlukan untuk jadi programmer cuma sintaks2 dari bahasa pemrograman itu ajah. Contoh klo kita belajar pke C++, terus kita mau pindah pake VB, bahasanya sangat beda jauh sekali, tapinya kita dapat menggunakan algoritma yang sama. Tidak terlalu sama memang, karena VB itu visual programming sedangkan C++ text. Tapi mksud saya disini, sebagian besar algoritmanya sama. Jadi yuk kita belajar pemrograman Karena pemrograman itu mudah!!! Hehe..

0 komentar:

Posting Komentar