Jumat, 20 Maret 2009

Algoritma Perulangan

Oke, kali ini saya akan memberikan tutorial tentang perulangan. Buat apa perulangan?? Mungkin ada yg tanya kaya gitu ya? Gini, perulangan sangat berguna banget, terutama untuk mengulang perintah2 yang memang seharusnya diulang2. Bingung?? Oke saya kasih contoh ya, misalnya kita lagi mau jalan ke depan sampai nabrak tembok (jlk amat contohnya??!!). Gpp ya contohnya gini.. Hehe.. Oke, jadi klo otak kita perintah kaki kiri jalan dulu, terus kaki kanan nyusul yah!! Bayangin klo misalnya kita nulis program, dan perintah kaya gitu diulang2 dengan cara diketik! Waw!! Bisa panjaaaaaaaaanggggg banget tuh programnya. Maka itu kita butuh program perulangan, jadinya program yang kita buat bisa pendek banget. Ada lagi kelebihan lain dari perulangan. Yah intinya semua kelebihannya itu untuk lebih efisien deh..

Okelah kita masuk ke bagian tutornya. Perulangan sendiri ada beberapa macam. Tapi kita mulai dari yang simpel dulu deh ya, yaitu perulangan dengan for. For itu digunakan untuk mengulang sebanyak yang kita tau. Mksudnya kita harus tau sampai kapan perulangan itu berlanjut, apakah 2 kali atau 3 kali atau 5 kali atau n kali.

Nah, contoh soalnya speerti ini neh. Bisa ga' buat gambar yang kaya gini??

*********
*********
*********
*********

kita buat program untuk menggambar bintang itu, bayangin klo misalnya kita ga' pke perulangan?? Banyak kan ya??

Nah programnya gampang kok, ini dia :


int main()
{
int i,j; // cuma sebagai penghitung aja.

for(i=0;i<4;i++)
{
for(j=0;j<9;j++)
{
printf("*");
}
printf("\n");
}
}
Berikut keterangannya : Sperti yang kita liat, bintang2 diatas itu memanjang sebanyak 9 ke kanan, dan menurun sebanyak 4. Jadi logikanya, kita membuat dulu 9 bintang ke samping kanan, setelah 9 bintang jadi, kita pindah baris. Nah, perintah pindah baris itu ada di \n (backslash n) diatas. Kemudian membuat lagi bintang sebanyak 9 kali. Terus berulang2 sampai terbentuk 4 kali kebawah. sehingga membentuk gambar diatas. Itu tadi masih soal yang cukup mudah. Bagaimana kalau misalnya saya memberikan soal seperti ini, dapatkah Anda menyelesaikannya??

*
**
***
****
*****

Soal diatas hanya membutuhkan sedikit modifikasi dari program yang saya buat.
Silahkan mencoba..

2 komentar:

Error mengatakan...

Nah lho,gimana tuh caranya?
Tunjukin donk

Adamz mengatakan...

gan tolong ane donk,scriptnya kirim ke email
okky.adams@yahoo.com

Butuh nie gan
plissssssssssss

Posting Komentar